Jumat, 10 Oktober 2008

Tips Menggunakan search engine

Tips pencarian di google atau search engine lainnya | untuk pemula

apa yang kamu lakukan di internet? Chatting, Nyari bahan pelajaran, diskusi atau jangan jangan buka situs dewasa? . sering saya dengar kata ¨bosan internetan¨ atau ¨mau ngapain ke internet?¨ dari teman-taman saya. Setelah saya lihat apa saja yang yang mereka buka di internet ternyata yang dibuka ya seputar itu-itu saja, friendster dan berita olahraga untuk yang cowok. Terang aja bosen lha wong variasinya aja ngga ada.. setelah di cari-cari lagi kayak orang kurang kerjaan kenapa teman-teman saya cuma membuka website yang sama waktu buka internet, ternyata jawabannya adalah mereka cukup jarang membuka search engine seperti google, yahoo dan kawan-kawannya dan kalau diselidiki lagi makin kayak orang kurang kerjaan ternyata mereka kurang bisa mendapatkan apa yang mereka cari saat mengunjungi seach engine.

Jika ada yang mereka cari, mereka terlebih dahulu bertanya pada teman. Padahal internet kan dinamis banget, apa yang ada dihari kemarin mungkin 2-3 hari lagi udah ngga berlaku. Jadi sekarang saya ingin membagikan ilmu saya yang sedikit tentang bagaimana cara mencari sesuatu disearch engine. Tulisan saya ini mungkin tidak begitu cocok dengan standar pencarian yang baku tetapi dengan metode ini seringkali saya menemukan apa yang saya cari. Saya punya 3 poin utama :

  1. memilih keyword/kata kunci yang tepat

    kunci utama menemukan apa yang dicari di search engine adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Mesin pencari adalah mesin yang handal dan cepat tapi tetap saja mereka tidak bisa berpikir, mereka cuma komputer yang diberi perintah-perintah tertentu yang harus mereka jalankan. jadi apapun yang kamu cari lewat search engine tak ada satupun yang dipahami mesin pencari. Karena data yang dimasukkan search engine sangat besar maka kita harus spesifik dalam memilih keyword. Misalnya jika kamu ingin membeli sebuah handphone baru maka jangan menuliskan ¨handphone¨ tuliskan sesuatu yang lebih spesifik misalnya ¨jual beli handphone¨ atau ¨HP nokia seri …¨ jika pemilihan keyword yang kamu lakukan terlalu umum maka kemungkinan besar kamu bisa tersesat di internet tanpa menemukan apa yang sesungguhnya kamu cari. Lakukan pencarian sampai beberapa kali menggunakan kata kunci yang berbeda-beda.

  2. Mesin pencari hanyalah sebuah mesin. Jadi yang mengerti apa maksud kita adalah penulis artikel/penyedia informasi atau layanan itu sendiri, yang berupa manusia. kita harus dapat berkomunikasi dengan mereka sedangkan search engine adalah sebagai alatnya. Sebagai seorang pencari kita harus bisa berpikir sebagai pencari maupun penulis. Dan sebagai penulispun kita harus mempunyai pikiran yang sama. Saat mencari sesuatu pikirkan apa kira-kira judul artikel tersebut, apa kalimat yang mungkin muncul, dan sebagainya. Misalnya jika kita ingin mencari apa itu bluetooth, maka kita perkirakan seorang penulis artikel tersebut akan menulis ¨ bluetooth adalah.. bla.. bla.. bla..¨ maka kata kunci ¨bluetooth adalah¨ lebih memberikan hasil yang baik dari pada kata kunci ¨pengertian bluetooth¨ atau ¨arti bluetooth¨. Contoh lainnya: saat kamu ingin mencari harga sebuah modem internet CDMA, maka pencarian dengan menggunakakan kata kunci modem CDMA Rp. Akan menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik. Daripada harga modem CDMA

  3. Gunakan alat bantu yang dibuat search engine

  • tanda (¨¨) digunakan untuk mencari kalimat/frasa tertentu. Kadang kala mesin pencari memisalkan kata yang kita berikan padanya, supaya frasa/kalimat itu tetap utuh gunakan tanda ¨¨. misalnya ¨panel surya murah¨ akan tetap dicari sebagai kalimat yang utuh.

  • Tanda (-) dapat digunakan untuk menghindari makna ganda. Misalnya kita ingin mencari lidah buaya: tumbuhan, bukan lidah buaya: hewan maka kamu bisa gunakan kata kunci= lidah buaya -hewan (berikan spasi sebelum tanda -). contohnya agak wagu ya? Yang penting kamu tahu maksud saya

  • tanda (+) tanda ini sering digunakan untuk menambahkan kata tertentu dengan sebuah kalimat. Dan seing dikobinasikan dengan tanda (“”) Contohnya : kita ingin mencari modem GSM dengan fasilitas tertentu, misalnya bekerja pada frekwensi 1900MHz. Maka alternatif kata kunci yang bisa digunakan adalah modem GSM +1900 atau bisa juga memakai “modem GSM” +1900

  1. tak kenal maka tak sayang..

    yang paling sederhana tetapi paling penting adalah sering-seringlah mencari sesuatu di mesin pencari. Semakin banyak pencarian kamu maka semakin kamu mengenal search engine sehingga semakin mudah kamu menemukan apa yang kamu cari. Jangan terlalu cepat putus asa. Pengguna yang mahir pun seringkali menggunakan variasi kata kunci sampai berkali-kali untuk menemukan yang dia cari Jadi, tetap kembangkan rasa ingin tahu kamu.

mungkin 4 poin diatas terkesan sangat sederhana tapi sejauh ini hanya dengan berbekal cara-cara diatas saya sering bisa menemukan informasi yang dicari di search engine. selamat mencoba….

Tidak ada komentar: